Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Visi dan Misi Sekolah Penggerak SDLB

 


 

A.     VISI

Terwujudnya Pelajar Pancasila yang Memiliki Kepribadian Mandiri, Kreatif, Berakhlak Mulia, Yang mampu berkomunikasi dan bermasyarakat, Bermanfaat Serta Mencintai Lingkungan Sekitar Sesuai Dengan Kapasitasnya.

 

B.     MISI

Untuk mewujudkan visi tersebut, satuan pendidikan telah menentukan langkah- langkah strategis yang dituangkan dalam misi sebagai berikut:

1.  Menanamkan   nilai-nilai   keimanan   dan                         budi            pekerti        yang                         luhur           untuk membentuk pribadi yang berakhlak mulia dan sikap mental yang tangguh

2.  Meningkatkan potensi akademik dan non akademik sesuai dengan potensi dan tingkat kebutuhan yang dimiliki peserta didik

3.  Mengembangkan berbagai keterampilan hidup sesuai bakat dan minat siswa melalui program pengembangan pendidikan yang berorientasi kecakapan hidup


4.  Mengembangkan kecakapan sosial dan emosional peserta didik guna menghadapi kehidupan di masyarakat

5.  Mengembangkan potensi berbasis digital melalui ketrampilan berkomunikasi melalui hand phone, internet untuk mengembangkan kemampuan dalam bermasyarakat.

 

C.     Tujuan Satuan Pendidikan

1.   Tujuan Jangka Pendek ( 1 tahun kedepan )

1)                    Terwujudnya pelaksanaan model pembelajaran berdiferensiasi yang menjadi ciri khas satuan pendidikan yang berfokus pada pembelajaran berpusat pada peserta didik berkebutuhan khusus,

2)                    Terwujudnya pelaksanaan pembelajaran yang berbasis individual sesuai tingkat kemampuan dan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus yang mengarah pada kecakapan hidup dan bakat minatnya.

3)                    Terwujudnya penyelenggaraan system penilaian perkembangan kompetensi peserta didik berkebutuhan khusus berfokus pada potensi akademik non akademik yang berbasis tehnologi informatika.

4)                    Tewujudknya peserta didik berkebutuhan khusus yang memiliki penghayatan keagamaan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui keteladanan, pembiasaan dan budi pekerti dalam kehidupan sehari-hari.

5)                    Terwujudnya pelaksanaan pembelajaran program Farming one day (bertani dalam satu hari) untuk mewujudkan budaya lingkungan sekolah

6)                    Meningkatkan simpati dan empati peserta didik berkebutuhan khusus dalam kepedulian sosial melalui keikut sertaan dalam pagelaran seni dan budaya daerah untuk mengembangkan sosialnya.

 

2.   Tujuan Jangka Panjang ( 2-3 tahun kedepan)

1)                    Menerapkan ketrampilan berkomunikasi dengan Bahasa Oral dan Komunikasi Bahasa Isyarat melalui satu hari berbahasa dengan pendekatan komunikasi total (komtal)

2)                    Membudidayakan cinta kebersihan dengan gerakan kebersihan adalah sebagian dari pada iman

3)                    Menumbuhkan wawasan kebangsaan yang cinta lingkungan sekitar dengan memelihara keindahan dengan budidaya tanaman, kedisiplinan, kejujuran sesuai dengan potensi yang dimilikinya.melalui Merah Putih sekolahku

4)                    Melakukan kerjasama dengan stake holder daerah untuk merancang hasil budi daya pertanian sebagai ketrampilan adaptif peserta didik berkebutuhan khusus

 

3.  Tujuan Jangka Panjang ( 4 tahun ke depan)

 

1)  Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik untuk membekali peserta didik berkebutuhan khusus untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya di SMPLB atau sekolah regular


2)  Menjalin kerjasama dengan pihak luar dengan sekolah reguler sebagai pusat sumber Pendidikan Inklusif untuk menfasilitasi pendidikan, pengembangan dan penelitian serta pelatihan Guru Pembimbing Khusus dan masyarakat / orangtua.

3)  Membudayakan lingkungan yang berbasis budaya pertanian yang berkarakter, inovatif cepat tanggap di lingkungan sekolah.

4)  Memiliki wawasan berkebinekaan sesuai kaidah Sila-sila Pancasila sehingga dapat mempertahankan budaya luhur dengan ditanamkan sikap saling menghargai, mencintai sesama teman dengan bergotong royong dalam kegiatan sehari-hari dilingkungan sekolah maupun dalam keluarganya.

5)  Memiliki wawasan kedaerahan dan identitasnya sebagai bangsa Indonesia dengan pengenalan makna Pancasila dalam kehidupan di lingkungan sekolah maupun dalam keluarganya dengan penanaman mengenal pakaian adat setiap daerah melalui karnaval pada peringatan hari-hari besar nasional.

6)  Memiliki kejujuran dan berpartisipasi dalam masyarakat sekolah atau di lingkungan tempat tinggalnya dalam berinteraksi dengan budaya lain melalui pembelajaran tentang mengenal budaya daerah lain., sehingga menumbuhkan saling menghargai dan mampu berkomunikasi interkurtural dalam berinteraksi dengan sesama, dan memiliki refleksi dan tanggung jawab terhadap pengalaman kebhinekaan.

7)  Memiliki kemampuan gotongroyong yaitu kemampuan untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan teman sebayanya ataupun keluarganya dengan suka rela agar kegiatan yang dikerjakan berjalan lancar, mudah dan ringan.

8)  Peserta didik berkebutuhan khusus yang mandiri, bermasyarakat dengan lingkungan sekitar, sehingga dapat melanjutkan pendidikan di jenjang berikutnya.

9)  Peserta didik berkebutuhan khusus mampu berpendapat dan berkomunikasi sesuai kapasitasnya memproses informasi sebagai gagasan baik melalui pesan lisan maupun tertulis.

10) Peserta didik berkebutuhan khusus dapat melakukan pekerjaan yang berbasis kompetensi pertanian dan peternakan sesuai kapasitasnya dengan pendampingan dan kemandirian yang bermodal ketrampilan adaptif.