Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ini Kompetensi Yang Wajib Dimiliki Oleh Seorang Guru Di Sekolah




Guru merupakan salah satu unsur kekuatan penentu dalam operasional pendidikan, tidak hanya jumlahnya tetapi juga harus bermutu sesuai dengan tuntutan dan perkembangan dunia pendidikan. Dalam usaha memperoleh pendidikan yang lebih baik demi mencerdaskan kehidupan bangsa, perlu adanya kompetensi dan efektifitas mengajar bagi setiap pendidik. 

Guru yang memiliki kemampuan yang demikian, maka dapat digolongkan guru yang memiliki kemampuan bagus. Dalam upaya meningkatan mutu pendidikan, kompetensi guru merupakan salah satu faktor yang amat penting. Kompetensi guru tersebut meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi Kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. 

Guru merupakan salah satu faktor penentu maju mundurnya pendidikan. Melalui guru diharapkan mampu mencerdaskan kehidupan bangsa. Upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dapat dilakukan melalui optimalisasi peran kepala sekolah, sebagai: educator, manajer, administrator, supervisor, leader, pencipta iklim kerja dan wirausahawan dan juga upaya dari guru itu sendiri untuk meningkatkan kompetensinya meliputi melanjutkan pendidikan, mengikuti MGMP, studi banding dan lain-lain sebagainya. 

Selanjutnya urgensi dari kompetensi guru merupakan alat seleksi penerimaan guru, untuk pengelompokan guru, sebagai bahan acuan pengembangan kurikulum, merupakan alat pembinaan guru, dan mendorong kegiatan dan hasil belajar.

Penulis : Rizki Dasilva