Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Remaja Muslim Saat Ini Butuh Perhatian, Supaya Tidak Salah jalan



Sebagai orang yang sedang berada dalam masa yang sangat labil, remaja sangat membutuhkan perhatian dan pembinaan dari orang-orang dewasa, terutama orang tua, guru dan masyarakatnya di mana ia bertempat tinggal. Oleh karena itu, ahli psikologi berpendapat bahwa pembinaan remaja harus lebih spesifik sesuai dengan sifat-sifat tertentu yang sedang dialaminya. Masa krisis dan kegoncangan pada remaja memang bersifat sementara, tetapi sifat sementara itu justru mempunyai kesan yang mendalam pada dirinya. Misalnya, seorang remaja yang tumbuh di lingkungan yang sehat dari segi agama dan moral, tentu perlu dijaga supaya tidak salah jaln. Sebaliknya, remaja yang kurang mendapat pembinaan agama dan moral tidak boleh dibiarkan larut dalam keadaan yang tidak menentu.[1]

Remaja adalah tulang pungung di dalam generasi manusia kerena dia adalah aset yang terbesar yang dapat merubah segala sesuatu yang ada di dalam kehidupan sekarang ini yang mana di dalam era globalisasi sekarang ini, tentu sangat banyak sekali yang harus disiapkan. Remaja yang baik adalah remaja yang dapat menggunakan segala apa yang ada di dalam dirinya untuk kepentingan seluruh manusia namun sekarang ini banyak remaja yang telah rusak moralnya.

Pada zaman penuh teknologi sekarang ini, manusia sangat tidak stabil untuk mengarahkan pada yang baik semua. Remaja pada era sekarang telah banyak mengeserkan diri dari nilai-nilai moral, sekarang kecenderungan remaja yang suka mencoba-coba, tentu kalau kearah yang positif tentu akan menjadi hal yang positif, namun sebaliknya juga kalau arah yang negatif dan dengan pastinya akan kearah yang negatif juga, dan ini tanpa disadari kadang kala oleh para orang tua kalau putranya telah bergeser dari nilai yang baik, yang telah di ajarkan oleh orang tua. Dan para orang tua hanya disibukkan dengan urusan dunia saja, sehingga kadangkala timbul pada anak sikap bebas yang mana sering terjadi hamil di luar nikah, atau mala terlibat narkoba dan tawuran ini menjadi tanggung jawab bagi orang tua dan juga masyarakat yang ada di lingkungan tersebut.

Remaja Islam dalam masa modern sekarang telah banyak sekali mengikuti perubahan, yang dipengaruhi oleh kaum barat (sekuler), yaitu bebas pergaul antara laki-laki dan perempuan, atau cara berpakaian yang sangat terbuka bagi kaum hawa, dan para pemuda tidak menyadari bahwa perubahan itu telahmengeser nilai-nilai yang seharusnya tidak dipakai dalam kehidupan para remaja Islam. Inilah yang menjadi kendala sekarang, namun itu telah menjadi produk kaum barat namun tidak di sadari maupun dipikirkan oleh semua pihak. konsep itu juga adalah konsep dari kaum barat yang hanya untuk merusak aqidah kaum remaja muslim yang menjadi tombak perubahan bagi generasi yang baik

Inilah ciri-ciri seorang yang diredhoi oleh Allah baik di dunia maupun di akhirat kelak sehingga apabila remaja sekarang berakhlak seperti ini tentu umat Islam akan jaya selamanya. Dan tentu juga cara menguatkan keimanan pemudah ada cara yang telah di ajarkan oleh nabi Muhammad SAW, sebagaimana Rasulullah memnguatkan pada sisi kaum muda dari segi keimanan,yaitu dengan dalil yang artinya tujuh golongan orang yang akan memperoleh pertolongan Allah SWT. Di saat-saat tidak ada perlindungan kecuali pertolongan Allah (pada hari pembalasan)

Penulis Rizki dasilva

[1] Mira Fauziah, “Dakwah Kepada Remaja,” dalam jurnal Al-bayan, Vol. 5, no.5, (Banda Aceh” Fakultas Dakwah IAIN Ar-Raniry, Januari-Juni 2002), h. 85.