Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Milikilah Jiwa Pembelajar

MILIKILAH JIWA PEMBELAJAR

Sedikit tips agar pekerjaan kita tidak menjemukan dan cara jualan kita tidak membosankan.

Walaupun kualitas produk sudah diakui bagus, bagi pegiat olshop, tak bisa dipungkiri, kualitas foto tetap menjadi prioritas. 

-Jangan malas untuk memotret hanya dikarenakan stok foto produk kita sudah banyak. Memasang foto yang itu-itu saja, akan membuat pelanggan atau calon pelanggan kita bosan. 
"Bagaimana tidak foto itu-itu saja, yang saya jual tiap hari pisang goreng," misalkan ada keluhan begitu. 

Walaupun yang kita jual pisang goreng, fotolah pisang goreng dengan berbagai angel atau tempat dan gaya foto yang berbeda-beda. Rajin browsing gambar-gambar pisang goreng yang menarik. Lihat bagaimana mereka memotretnya, tiru ide fotonya, lalu praktikkan pada pisang goreng kita.

-Belajar cara-cara edit foto agar tampilan lebih menarik. Manfaatkan kuota internet kemendikbud untuk mengakses you tube. Lihat bagaimana mereka mengerjakannya, praktikkan pada foto-foto produk kita.

-Lakukan semua proses dengan senang hati. 
Mulai dari membuat produk, menyiapkan tempat dan properti fotonya, memotretnya, editing, sampai finishing-nya. 

-Ingatlah, semakin besar upaya yang kita kerahkan, semakin bagus dan semakin puas pula akan hasilnya. 

-Manfaatkan sumber daya manusia yang ada.
 
Kaderisasi sangat diperlukan agar pekerjaan kita tidak menjemukan. Manfaatkan sebaik mungkin orang-orang yang ada di rumah untuk membantu. Ajak mereka bekerja sama, terutama suami. Pelan-pelan berpuralah meminta tolong tentang apa saja yang sedang kita kerjakan, lama-lama setelah kita lihat ia mahir, biarkan ia yang mengerjakannya. Eh, maksudnya bekerja bersama-sama. 

Anak-anak juga dibiasakan membantu hal-hal sederhana. Setidaknya, berilah pemahaman kepada mereka, bahwa uang jajan mereka setiap hari berasal dari sana (dari apa yang kita produksi). Tidak bekerja ya, tidak ada uang. Ingin uang lebih ya, harus bekerja lebih. 

Intinya, tetaplah memiliki jiwa pembelajar dan ingin tahu, walaupun sudah menjadi Emak dan mengaku tahu banyak hal. 

Terakhir, milikilah waktu untuk menikmati hasil jerih payah kita. Milikilah bujet untuk membeli apa yang kita senangi (tentu saja secara wajar,  tidak berlebihan) karena hal itu semacam changer agar kita semangat bekerja lagi. 

Stay young and healty, Moms! 
 
Penulis : Ismi Marnizar