Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kepala P4TK dan PLB Terharu SD IT Muhammadiyah Bireuen Terasa Taman Surga Buat Siswa Disabilitas

 



Kepala Pusat Pendidikan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan TK serta Pendidikan Luar Biasa (PPPPPPTK TK & PLB), Drs. Abu Khaer, M.Pd melakukan kunjungan kerja ke Sekolah Vokasional Muhammadiyah (SLB) dan kunjungan ke salah satu sekolah Penggerak di Kabupaten Bireuen.

Salah satu sekolah penggerak yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen adalah SDIT Muhammadiyah Bireuen atau dikenal dengan SDITMUHBIR.


Secara kebetulan kedua sekolah yang dikunjungi berada di satu kompleks yang sama.


Selain SLB dan SDIT, ada juga beberapa tingkat sekolah lainnya, seperti SMPIT Muhammsadiyah Biruen dan SMAIT Muhammadiyah Bireuen.


Drs. Abu Khaer, M.Pd mengatakan keberadaan SLB dan siswa dengan kebutuhan khusus di tengah-tengah sekolah reguler adalah inspirasi bagi lingkungan pendidikan yang ramah.


"Saya terharu  melihat kompleks pendidikan di Muhammadiyah Bireuen seperti taman surga. Anak-anak dengan kebutuhan khusus berbaur bersemangat dengan anak-anak lain.


Mereka dapat bermain, belajar bersama, berdoa bersama di sekolah mushalla, rasa hormat, cinta dan dicintai. Ini adalah manifestasi budaya sosial inklusif dan tentu saja akan berdampak positif pada pengembangan akademisi, emosi dan anak-anak sosial dengan kebutuhan khusus ", kata Drs. Abu Khaer, M.11/2021) .

Dia menambahkan bahwa sekolah dapat melayani anak-anak dengan kebutuhan khusus sesuai dengan sifatnya, mengidentifikasi dan penilaian mereka untuk memberikan pembelajaran yang cocok untuk kebutuhan dan kemampuan anak-anak.

"Peraturan yang ada, seperti UU No. 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas dan Peraturan Pemerintah No. 13 tahun 2020 tentang penyediaan akomodasi yang tepat bagi para penyandang cacat menjadi dasar penguatan ketika melaksanakan program-program yang berkaitan dengan pendidikan anak-anak" , dia menambahkan.

Kepala Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan untuk Pendidikan dan TK Pendidikan dan Pendidikan Luar Biasa

Dia berharap bahwa upaya yang telah dilakukan di lingkungan sekolah Muhammadiyah dapat diadopsi, menjadi panutan dan merupakan inspirasi bagi lingkungan sekolah lain di Aceh.

Kepala SDIT Muhammadiyah Bireuen Rizki Dasilva S.Pd.I MA Menyampaikan dalam sambutannya "SDIT Muhammadiyah Bireuen berusaha menciptakan lingkungan yang baik untuk siswa disabilitas di SLB Vokasional Muhammadiyah Bireuen, mereka bisa shalat jamaah bersama, senam bersama, upacara bersama bahkan kerap saling berbagi makanan dengan siswa SLB"


Juga menghadiri kegiatan adalah kepala Lembaga Pendidikan Aceh (LPMP), Dr. Muslihuddin, M.Pd, Kepala Kantor Pendidikan Regional Bireuen, Murtadha, S.Sos, Kepala Kantor Pendidikan dan Kebudayaan Distrik Bireuen, Muhammad Al Muttaqin, S.PD, M.PD, Pemimpin Regional Muhammadiyah Bireuen, Dr. Athaillah A. Latief, Sp.OG, 18 Kepala Sekolah Penggerak, Kepala Sekolah Pendidikan Inklusif dan tamu undangan lainnya.