Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Seusia Berapa Anak Suka Membaca

Bila ditanyakan, sejak usia berapa anak saya suka membaca? 

Jujur saja, saya tidak mengingatnya secara pasti. Yang jelas, semenjak ia dalam kandungan saya, saya sudah terpaksa membaca dan menulis banyak siang dan malam demi menyelesaikan skripsi saya. Perpustakaan menjadi tempat yang harus saya  kunjungi berulang-ulang.

Foto di bawah ini, saya ambil di Puswil Banda Aceh tahun 2012, ketika usianya belum genap tiga tahun. Ketertarikannya pada buku luar biasa, tetapi dikarenakan kehidupan kami yang teramat sederhana kala itu, tidak mampu membeli buku untuk anak kami, sehingga tempat ini menjadi kunjungan wajib baginya setiap minggu. 

Ia belum bisa membaca, jadi meminta saya membacanya berulang-ulang setiap buku yang ia pinjam. Saya tidak ingat, kapan ia belajar membaca, saya juga tidak pernah mengajarinya secara khusus, tiba-tiba saja ia sudah mahir membaca. Ibu gurunya di TK pernah mengatakan pada saya:

"Kok Nabila cepat sekali bisa membaca, Bu?"

"Wah, kurang tau juga, Bu. Saya tidak mengajarinya membaca sebelum waktunya. Saya hanya sering membacakan buku cerita untuknya."

Alhamdulillah, sampai sekarang kegemarannya  membaca masih bertahan dan ia sudah memiliki puluhan buku yang ia beli dengan uang tabungannya sendiri.

Penulis : Ismi Marnizar