Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Trik Menulis Mudah

Berbagi Trik Menulis Mudah

Teman-teman, bagi sebagian orang, menulis adalah bahagian penting dari hidupnya. Menulis menjadi kebiasaan untuk mengungkapkan perasaan. Menulis itu akan sangat mudah bila apa saja menjadi rangkaian tulisan. Kalau ada pertanyaan bagaimana supaya saya bisa menulis. Jawabannya 3 M (Menulis, menulis dan menulis). Tulis apa saja yang menurut anda pantas ditulis. 

Namun bagi sebagian orang menulis adalah momok yang sangat ditakutkan. Lebih baik diajak bicara atau pidato berjam-jam dari pada diajak menulis. Ada juga diantara kita bermazhab nyinyir " Pat hebat tat tumuleh nyan, luih ta kalon, lebay meunan. Mandum tuleh, lagee hana but laen". Yang bermazhab nyinyir seperti ini, sebenarnya dia lagi menjelaskan bahwa dia tidak punya kemampuan menulis. Padahal dia sangat ingin menulis sehingga ada penerbit melirik tulisannya. 

Lewat tulisan sederhana ini. Saya ingin berbagi trik menulis bagi kamu yang tidak PD menulis atau bagi para penulis pemula. Juga bagi yang sudah mulai menulis tapi masih takut nge-share tulisannya ke orang lain. 

Ini beberapa triknya :

1. Tulislah tulisan sendiri walaupun tulisan itu jelek, yang penting usahakan tidak plagiasi. Plagiator adalah pelacur intelektual

2. Usahakan konsisten menulis setiap hari. Tulis apa saja yang menginspirasi. Jangan tulis yang mengandung sara dan gosip murahan lainnnya. Atau yang mengandung hoax. Saya heran di zaman edan ini ada banyak ibu marah pada suami, sama tetangganya di buat tulisan hujatan. Ka jeut tobat! 

3. Niat menulis bukan untuk mencari ketenaran. Perbaiki niat lagi. Menulislah untuk ibadah dan menjadi media dakwah. Bukan niat ingin di puji. Kalau dapat rezeki,itu bahagian dari keberkahan hidup. 

4. Jadikan tulisan-tulisan yang berserakan, kumpulkan kembali dan kelak menjadi buku populer anda. Baik dari catatan pribadi atau tulisan di media sosial. 

5. Bagikan tulisan anda. Jangan pernah merasa tulisan anda jelek. Biasakan men-share tulisan sendiri. Jangan selalu bangga membagikan tulisan orang. Apalagi sumbernya tidak jelas. Bahkan aneh ada unsur memaksa supaya tulisan tidak jelas sumbernya wajib di bagikan. Kalage firman Tuhan. 

Mulai sekarang tulislah apa saja yang menginspirasi dan bermanfaat untuk siapapun. Atau mari bergabung dengan kita, di komunitas penulis Bireuen dan mengikuti ini house Training penulisan buku. Setelah training, anda konsisten menulis. Saya jamin tulisan anda akan dibukukan. Bismillah.... 

Selamat menulis!

Rizki Dasilva