Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Beberapa Tips Membuat Video Pembelajaran yang Memikat Murid, Guru Harus Paham!


Beberapa Tips Membuat Video Pembelajaran yang Memikat Murid, Guru Harus Paham!

Assalamualaikum sahabat Jalan Pencerah. kali ini kita akan membahas mengenai trik atau langkah-langkah yang harus diketahui oleh seorang guru dalam membuat video pengajaran yang memikat siswa.

Seorang guru harus mampu berinovasi dalam mentransfer pengetahuan kepada murid-muridnya. Sangat banyak metode, trik dan strategi yang harus diterapkan dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah dengan membuat video pembelajaran yang menarik. Sebuah video yang berhasil membuat siswa mampu memahami dan mendengarkan isi materi dengan baik.

Tentu saja ini tidak semudah membalik telapak tangan untuk para guru. Selain tugas mendidik dan mengajar di kelas setiap hari yang membutuhkan waktu, mereka juga memiliki keluarga di rumah yang harus diurus dengan benar. Namun, jiwa pelajar dalam seorang guru akan memfasilitasi langkah-langkahnya untuk membuat inovasi pembelajaran yang baru, terupdate dan sesuai tuntutan zaman. Salah satunya membuat video pembelajaran. Pastinya video yang dibuat tidak asal-asalan, tetapi melalui sebuah proses atau alur seperti dalam membuat sebuah film pendek. Disini, peran guru sebagai sutradara. Berikut beberapa tahap untuk memuat vidio pembelajaran yang menarik:

Siapkan Tema atau Skenario  pembelajaran

Siapkan waktu khusus untuk membuat skenario video pembelajaran. Kemudian siapkan beberapa gambar dan video yang sesuai. Ambil gambar dan video secara independen. Gambar yang diambil merupakan gambar yang sesuai dengan tema pembelajaran yang sedang berlangsung. Misalnya, kita akan membuat video belajar tentang tempat-tempat tinggal binatang, luangkan waktu Anda untuk membawa beberapa binatang di sekitar rumah. Buat video pendek saat hewan berjalan, makan atau lainnya.

Perhatikan durasi video

Panjang video pembelajaran yang telah dirilis tidak lebih dari 7 menit. Durasi yang lama akan membuat siswa merasa bosan. Jika dibagi menjadi tiga bagian, pembukaan tidak lebih dari 1 menit. Isi belajar 5 menit dan penutup tidak lebih dari 1 menit. Durasi singkat membuat siswa fokus dan mendapatkan hasil yang diinginkan.

Pertimbangkan penggunaan musik

Gunakan musik dalam pembelajaran video. Pemilihan musik tentu disesuaikan dengan karakter siswa sesuai dengan level. Guru SD misalnya, belajar dengan diiringi lagu akan disukai oleh anak-anak. Materi pelajaran yang rumit dapat mudah dihafal dengan lagu yang diciptakan oleh guru. Masukkan komposisi lagu ke video pembelajaran sehingga semua siswa dapat meniru dan mengulanginya nanti.

Kreatif dan inovatif

Untuk alasan ini, guru harus kreatif  menciptakan ide. Berinovasi dengan membaca dan memahami digital. Mencari tahu ide-ide pembelajaran di era 4.0 yang relevan dan memberi orientasi positif terhadap proses pembelajaran itu sendiri.Sekarang telah muncul teknologi Augmented Reality. Sebuah teknologi tiga dimensi (3D) yang menyatukan kenyataan dan virtual. Guru menunjukkan benda-benda luar angkasa dalam bentuk tiga dimensi di hadapannya. Sehingga ketika murid menyimak video itu, mereka seolah turut berada di luar angkasa. Sangat menarik, bukan?

Semoga bermanfaat!