Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Stadion Internatinonal Aceh Segera di Bangun

Stadion standar internasional segera dibangun di Aceh. Menariknya, venue pertandingan tersebut bakal menelan anggaran sangat besar, bisa dikatakan salah satu mega proyek Indonesia. Stadion tersebut tentu saja bakal menjadi ikon baru sepak bola Aceh.

Ilustrasi Design Stadion International Aceh


Tujuan dibangunnya stadion tersebut tak lain adalah persiapan untuk digunakan pada kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024.  Stadion utama bertaraf internasional itu diperkirakan bakal menelan anggaran sebesar Rp1,8 triliun rupiah

Ternyata, peninjauan lapangan untuk lokasi pembangunan stadion utama itu sudah dilakukan. Lokasinya yaitu di daerah kawasan Kampus USK 2, Neuheun, Aceh Besar. Letaknya sangat strategis karena berada di kawasan pendidikan dan tidak jauh dari Ibu Kota Aceh, Banda Aceh. Penetapan venue ini sesuai dengan yang tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur Aceh Nomor 426.2/990/2022 tentang Penetapan Venue Cabang Olahraga Pekan Olahraga Nasional XXI Tahun 2004 Wilayah Aceh.

Ilustrasi Design Stadion International Aceh



Informasi itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh, Dedy Yuswadi AP. "Kami baru saja melakukan tinjauan langsung di lapangan. Titik yang terbaik untuk dibangun stadion utama bertaraf internasional. Insya Allah Menpora sudah menyetujui pembangunan stadion yang akan dilakukan dalam waktu dekat," bunyi pernyataan dari Kadispora Aceh.

Dalam SK yang telah ditetapkan terdapat 33 Venue yang tersebar di hampir semua wilayah di Aceh untuk 33 cabor pada PON Aceh-Sumut 2024.

Untuk cabor aero sport seperti paralayang dan gantole, venuenya berada di Bener Meriah.

Sedangkan terbang layang, terjun payung, paramotor, dan aero modeling, venuenya di Sabang di Bandara Maimun Shaleh. Cabor lainnya seperti layar, anggar, angkat berat, angkat besi, judo, dan kempo, di Kompleks Stadion Harapan Bangsa.