Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Outdoor Class, Enjoy Learning | Ikon Sekolah Penggerak SDIT Muhammadiyah Bireuen

Outdoor Class, Enjoy Learning | Ikon Sekolah Penggerak Sdit Muhammadiyah Bireuen

Pembelajaran menyenangkan tidak hanya berpangku pada bangku dan buku. Banyak hal yang bisa dikembangkan di dalam pembelajaran itu sendiri.

SDIT Muhammadiyah Bireuen menawarkan beragam proses pembelajaran yang menyenangkan tentunya yang bersifat edukatif, salah satunya Outdoor Class.

Outdoor Class merupakan pembelajaran yang dikembangkan dengan merujuk dalam kegiatan di luar kelas.

Penerapan Outdoor Class dilakukan baik dari kelas 1 sampai kelas 6.

Metode Outdoor Class juga beragam, sesuai dengan ikon Sekolah Penggerak pada SDIT Muhammadiyah Bireuen, Outdoor Class memiliki peran sebagai penyalur kreatifitas baik dari filosofi pendidikan sampai pada Profil Pelajar Pancasila.

Tujuan dilakukan Outdoor Class, selain untuk memberikan kesempatan kepada seluruh peserta didik belajar di alam terbuka pengembangan bakat dari segi sensorik dan motorik juga menjadi salah satu invest terbesar dalam program tersebut.

Peserta didik dilatih untuk mandiri, mampu bersosialisasi, mengemukakan pendapat secara personal hingga berkolaborasi bersama tim.

Tempat menjadi salah satu poin penting dalam menjalankan Outdoor Class. Dari museum, perpustakaan daerah, tempat bersejarah, taman hiburan, pabrik hingga kebun adalah beberapa alternatif selain pembelajaran di kelas.

Antusias peserta didik juga sangat luar biasa dalam Outdoor Class tersebut.

Walimurid juga sangat mendukung program ini.

"Dengan adanya program Outdoor Class ini, tentunya kami sebagai wali murid sangat senang dan melihat anak-anak yang biasanya pasif ketika telah melakukan Outdoor Class mereka pembawaannya jadi happy, terbuka dan komunikatif." Ungkap salah satu wali murid SDIT Muhammadiyah Bireuen.

Outdoor Class di SDIT Muhammadiyah Bireuen dilakukan dua kali dalam sebulan.

Ini juga merupakan inovasi dalam metode pembelajaran yang menyenangkan.

Guru-guru setiap bulannya diwajibkan untuk menentukan kemana dan hasil apa yang akan didapatkan dalam menjalankan program Outdoor Class tersebut.

Tidak lain, semua ini dilakukan agar pembelajaran terus berjalan dengan baik.

Dimana peserta didik tidak hanya terpaku dengan bangku dan buku.


Penulis : Ade Zulhasni (Guru Sdit Muhammadiyah Bireuen)