Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pendidikan Islam dan Pendidikan Karakter Sejak Dini Jauh Lebih Penting Saat Ini

 

Penulis : Rizki Dasilva (Kepala SDIT Muhammadiyah Bireuen)

Jalan Pencerah - Salah satu potret mundurnya pendidikan di negeri kita. ketika banyak orang dinegri ini berlomba lomba di pendidikan umum lalu melupakan pendidikan Islam dan akhlak,semua orang tua hanya bangga ketika anak berprestasi di bidang umum,matematika dan sains.

Inilah bukti kemunduran pendidikan dinegeri kita, tidak cukup pelajaran umum disekolah sampai menambah jam les, bahkan ada anak yang les sampai jam 10 malam.sungguh disayangkan mereka adalah korban hasrat dan nafsu orangtua.

Maka menurut pemikiran saya. Pendidikan Islam dan Pendidikan Karakter sejak dini jauh lebih penting daripada pendidikan umum & berhitung, ketika anak-anak hanya pandai berhitung maka akan lahir generasi yang rusak mentalnya, rusak akhlaknya.

Termasuk akan lahir generasi yang egois, yang hanya mementingkan kepentingan pribadi tanpa memperhatikan kepentingan umum.nilai kecerdasan sosial yang sangat rendah.ukhwah Islamiah tidak pernah didapat dimeja sekolahnya.

Nah mengapa saya di SD IT MUHAMMADIYAH Bireuen lebih mementingkan pendidikan Islam dan karakter lewat pendekatan AlQuran, memberi uswatun hasanah, memberi nilai tertinggi bagi anak yang cerdas vertikal dan horizontal ,yang rajin beribadah, yang berakhlak dan santun.

Saya harap orangtua tak perlu bersedih memiliki anak yang tak pernah mendapatkan juara, penghargaan, medali. maka bersedihlah bila anak berani membentak kita orangtua dan bersikap dan tutur kata kasar kepada saudaranya.

Berbanggalah memiliki anak yang memiliki nilai spritual dan emosional yang tinggi, generasi yang dekat dengan masjid, yang Qurani,peduli terhadap saudara dan temannya.merasa sakit bahagian tubuh nya ketika saudaranya seiman disakiti.