Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Riset Pasar

Contoh Riset Pasar. Sebagaimana diketahui bahwa dalam bidang pemasaran selain melakukan pemasaran produk biasanya akan dimulai dari dilakukannya riset pasar terlebih dahulu. Riset pasar ini dilakukan dalam rangka untuk mencari cara bagaimana strategi pemasaran produk nantinya bisa dilakukan.
Contoh kuesioner riset pasar Contoh kuesioner riset pasar contoh riset pasar produk makanan contoh riset pasar pdf contoh hasil riset pasar contoh riset pemasaran produk minuman contoh riset pemasaran produk indomie contoh proses riset pemasaran fungsi riset pasar

Sebab, pemasaran produk yang baik adalah yang bisa diterima oleh semua lapisan masyarakat, sehingga riset pasar sangat perlu dilakukan agar target produk juga bisa sesuai dengan kebutuhan pasar.


Lalu yang menjadi pertanyaannya adalah, apa itu riset pasar dan bagaimana cara melakukannya? Simak penjelasan riset pasar berikut!

Apa itu riset pasar?

Sebagaimana dikutip dari Hubspot, yang dimaksud dengan riset pasar adalah suatu proses mengumpulkan informasi tentang target pasar dan pelanggan bisnis kamu untuk memverifikasi keberhasilan produk.

Secara tidak langsung riset pasar berperan sebagai proses analisis kelayakan pemasaran suatu produk baru.

Proses riset pasar akan dilakukan melalui beberapa tahapan sebagai berikut: perumusan masalah, tujuan, pengumpulan dan pengolahan data, evaluasi, hingga akhirnya bisa terbentuk sebagai hasil analisis pemasaran. Melalui proses riset pasar ini, perusahaan bisa menemukan target yang sesuai dengan produk mereka, sehingga penjualan juga akan bisa lebih meningkat dan cepat.

Tujuan utama dari riset pasar adalah untuk memeriksa target pasar terkait dengan produk atau layanan perusahaan dan juga bisa digunakan sebagai bentuk referensi bagaimana target akan bereaksi terhadap layanan atau produk perusahaan kamu. Nantinya informasi yang dihasilkan dari riset pasar juga bisa digunakan untuk pengembangan pemasaran atau periklanan, karena dengan adanya informasi yang sesuai dengan audiens bisnis bisa lebih mudah untuk menentukan fitur apa saja yang sebaiknya digunakan.

Fungsi riset pasar

Terdapat banyak kegunaan atau fungsi riset pasar, di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Sebagai evaluasi strategi pemasaran
Sebagai evaluasi strategi pemasaran: Riset pasar memiliki fungsi yang pertama untuk melakukan penilaian terhadap strategi atau juga program pemasaran yang sebelumnya, fungsi ini juga bisa termasuk ketika sebuah perusahaan ingin melakukan penilaian ulang terkait brand positioningdari perusahaan lain yang menjadi pesaing. Sehingga, nantinya tim riset pasar bisa melakukan pemecahan masalah dan membuat keputusan yang lebih baik.
  • Untuk mengenali konsumen
Untuk mengenali konsumen. Dengan adanya riset pasar, perusahaan bisa mengenali target konsumennya dengan cara memahami secara spesifik preferensi konsumen atau pelanggan. Perilaku konsumen juga menjadi salah satu indikator penting untuk menjalankan sebuah bisnis, karena sebuah produk dibuat atas adanya permintaan (demand) dari pasar.
  • Sebagai perencanaan bisnis
Sebagai perencanaan bisnis. Riset pasar juga bisa digunakan dalam rangka untuk menyusun strategi perencanaan bisnis yang akan datang, apalagi di masa sekarang mengembangkan sebuah bisnis cukup lumayan sulit karena banyaknya perusahaan yang berkembang.
  • Pemantauan bisnis
Pemantauan bisnis. Fungsi riset pasar yang terakhir ialah pemantauan proses bisnis yang sedang berjalan, proses pemantauan atau pengawasan juga biasanya lebih kepada mengawasi trend, demografi, operasional, hingga efektivitas penggunaan channel marketing.

Tujuan Riset Pasar

Menurut Glenn Doman (2002), terdapat 4 tujuan utama dari riset pasar, yaitu:

1. Menganalisis Pasar

Menganalisis Pasar, Proses analisis pasar akan memberikan informasi penting mengenai potensi pasar untuk sebuah produk atau jasa. Informasi tersebut mencakup konsumen potensial, pasar potensial, lokasi bisnis, dan kompetitor.

2. Menganalisis Tanggapan Pasar Terhadap Produk

Menganalisis Tanggapan Pasar Terhadap Produk, Riset ini akan memberikan informasi perkiraan potensi sebuah produk/ jasa di pasar. Proses pengkajian dapat dilakukan sebelum produk atau jasa diluncurkan, misalnya dengan melakukan survei.

3. Menganalisis Efektivitas Promosi

Menganalisis Efektivitas Promosi, Kegiatan riset ini juga dapat membantu perusahaan dalam memilah dan memilih media promosi yang paling efektif.

4. Menyusun Strategi

Menyusun Strategi, Pengkajian perencanaan strategis dapat memberikan informasi mengenai tingkat pertumbuhan pasar yang telah ada dan menemukan berbagai produk dan jasa yang sukses di sebuah pasar. Ini biasanya dilakukan oleh perusahaan yang sudah mapan.

Jenis-Jenis Riset Pasar

Ternyata untuk melakukan riset pasar, biasanya perusahaan tidak hanya akan melakukan satu jenis riset pasar saja untuk mengetahui perilaku calon konsumennya. Dalam bidang pemasaran, jenis riset pasar dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu riset pasar primer dan riset pasar sekunder.
  • Riset pasar primer
Riset pasar primer adalah sebuah proses analisis dengan menggunakan pihak ketiga atau konsumen sebagai sumber datanya. Sehingga, riset ini akan langsung berasal dari konsumen sebuah perusahaan, dan data yang dikumpulkan akan berupa data kualitatif dan data kuantitatif.

Beberapa jenis riset pasar primer adalah:

Wawancara

Jenis riset pasar ini akan dilakukan secara personal terhadap responden atau calon konsumen, biasanya responden akan diberikan beberapa pertanyaan untuk memperoleh data atau informasi.

Focus group

Sesuai namanya, jenis riset pasar ini akan dilakukan oleh beberapa kelompok kecil biasanya akan terdiri dari 5-10 orang untuk menanggapi survei yang perusahaan sudah kirimkan.

Penelitian etnografi

Penelitian etnografi adalah metode analisis riset pasar yang dilakukan dengan cara si peneliti harus terjun langsung ke dalam lingkungan respondennya. Biasanya penelitian ini akan berlangsung cukup lama karena peneliti juga harus menyesuaikna diri dengan lingkungan calon konsumennya.

Kuesioner

Salah satu jenis riset primer yang sering digunakan oleh perusahaan ada kuesioner yaitu metode penelitian dengan cara mengumpulkan survei online. Penelitian ini banyak dilakukan karena lebih mudah, meringkas waktu, dan data yang yang diperoleh juga sudah akan terbentuk secara sistematis.

Campaign research

Campaign research juga bisa digunakan sebagai metode riset pasra, hanya saja sebuah perusahaan harus memilikicampaigndahulu sebelumnya sehingga bisa dilakukan analisis dan evaluasi terkait keberhasilan campaign.
  • Riset pasar sekunder
Setelah mengetahui riset pasar primer, sekarang kamu akan bertemu dengan riset pasar sekunder. Berbeda dengan riset pasar primer di mana informasinya akan datang langsung dari pihak konsumen, riset pasar primer adalah proses analisis target pasar yang informasinya dikelola oleh sumber luar contohnya media, pemerintah, atau agensi.

Informasi yang dipublikasikan dalam buku, majalah, surat kabar, atau situs web sebuah perusahaan juga bisa menjadi medium untuk melakukan riset pasar sekunder.

Untuk memanfaatkan riset pasar sekunder, kamu bisa memilih informasinya dari beberapa lembaga seperti berikut:

Sumber publik

Untuk mengumpulkan informasi riset pasar secara gratis, kamu bisa memanfaatkan perpustakaan pemerintah.

Sumber komersial


Sedangkan untuk sumber komersial biasanya akan memerlukan biaya, tetapi sumber komersil juga bisa diandalkan karena biasanya lembaga-lembaga tersebut cukup bagus dalam mengumpulkan informasi. Sumber komersial di antaranya adalah media televisi, koran lokal, dan majalah.

Institusi pendidikan

Universitas dan institusi pendidikan bisa menjadi sebuah informasi riset pasar sekunder, karena biasanya banyak penelitian yang dilakukan dalam berbagai sektor.

Contoh riset pasar

Dalam rangka untuk mendapat hasil penjualan produk yang maksimal, semua perusahaan pastinya akan melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum memproduksi produk atau jasa baru. Namun, bagaimana contoh riset pasar produk makanan?

Contoh riset pasar produk makanan mie instan

Mie instan menjadi salah satu makanan siap saji yang memiliki banyak penggemar di Indonesia, tidak jarang setiap merek akan berlomba-lomba menciptakan inovasi terhadap produknya salah satunya dengan membuat produk mi instan jumbo.

Melalui riset pasar, perusahaan dapat melakukan dengan survei kuesioner untuk melihat seberapa banyak konsumennya yang ingin membeli mie instan dengan ukuran jumbo. Sehingga, dengan adanya riset pasar juga bisa mengetahui informasi lain yang sebenarnya dibutuhkan oleh konsumen maupun perusahaan.

Contohnya perusahaan bisa memberikan beberapa pertanyaan terkait:
  • Varian mie instan apa yang ingin dibuat menjadi ukuran jumbo ? Hasil bisa terlihat dari pilihan selera konsumen terhadap produk perusahaan.
  • Estimasi harga produk mie instan jumbo.
  • Siapa sajakah yang membutuhkan variasi mie instan jumbo (usia, gender, profesi, dan demografi).
  • Apa sajakah yang menjadi pertimbangan dengan hadirnya varian mie instan jumbo.
Sehingga dengan adanya informasi yang akurat dari data riset ini perusahaan bisa menemukan produk atau jenis mie instan potensial yang bisa meraih keuntungan lebih, karena adanya permintaan dari pasar.

Related searches
  • Contoh kuesioner riset pasar
  • Contoh kuesioner riset pasar
  • contoh riset pasar produk makanan
  • contoh riset pasar pdf
  • contoh hasil riset pasar
  • contoh riset pemasaran produk minuman
  • contoh riset pemasaran produk indomie
  • contoh proses riset pemasaran
  • fungsi riset pasar