Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

CONTOH RISET PEMASARAN PRODUK PAKAIAN

CONTOH RISET PEMASARAN PRODUK PAKAIAN. Fungsi Melakukan Riset Produk dan Target Pasar Sebelum Memulai Jualan Online
contoh 4p produk pakaian strategi pemasaran pakaian strategi pemasaran produk pdf strategi pemasaran pdf strategi pemasaran 4p dan contohnya contoh strategi pemasaran 4p produk makanan strategi pemasaran online contoh analisis pemasaran

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai caranya, ada baiknya Anda mengetahui megapa harus melakukan ini sebelum memulai bisnis online shop baju. Melakukan riset produk dan target pasar sebelum memulai bisnis berfungsi untuk mengenal medan pertempuran bisnis dan calon konsumen agar produk bisa laku keras di pasaran.

Dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait produk yang akan Anda jual, baik dari produk, harga, kualitas dan persaingan, maka akan memudahkan untuk bisa mendapatkan pangsa pasar yang tepat dalam menjalankan bisnisnya.

Riset produk dan target pasar ini juga bertujuan untuk memudahkan Anda dalam mengenal produk yang akan dijual serta membantu menemukan cara terbaik dalam memasarkan produk sebagai langkah pengembangan bisnis.

Lalu, bagaimana cara melakukan riset produk? Berikut ini langkah-langkahnya.

4 Cara Mudah Melakukan Riset Produk dan Target Pasar Dalam Memulai Bisnis Online

1. Memanfaatkan Aplikasi Google Trend

Cara pertama dalam melakukan riset produk adalah memanfaatkan aplikasi Google Trend. Aplikasi ini membantu Anda dalam menentukan jenis produk baju yang bisa Anda jual. Anda juga bisa mengetahui seberapa sering topik baju tersebut dicari oleh masyarakat.

Aplikasi ini cukup akurat untuk riset produk karena telah dilengkapi fitur lengkap yang bisa dijadikan sebagai data. Dari sini Anda bisa memperoleh informasi lokasi terbanyak orang mencari produk baju, rentang waktu pencarian produk, kategori baju, usia, hingga jenis pencariannya.

Ini juga yang kemudian bisa dijadikan sebagai patokan untuk menentukan target pasar dan strategi yang tepat dalam melakukan promosi. Bahkan Anda bisa mengetahui kepopuleran produk tersebut setiap waktu.

Cara risetnya sangat mudah, Anda hanya perlu membuka aplikasi Google Trend. Lalu, ketikan kata kunci baju yang ingin Anda ketahui di kolom pencariannya. Berikut ini tampilan dari Google Trend.

2. Melakukan Survey di Lapak Pesaing

Langkah mudah berikutnya adalah melakukan survey lewat social media atau lapak langsung yang dimiliki pesaing. Hal ini bertujuan untuk melihat produk yang sedang populer dan banyak terjadi pembelian. Dengan begitu kita dapat mengetahui seberapa populer kata kunci tersebut muncul dan produk laris dan arah trend pasar kedepanya.

Misalnya, Anda mengetikan kata kunci “gamis”. Anda akan menemukan kolom pencarian Terbaru dan Produk Terlaris disana ditempat kita melihat potensi pesaing kita. Ternyata produk terbaru yang dijual di situ adalah brand Jilbrave, Abaya Tukey dan lainnya.

Anda juga bisa menemukan kategori lainnya untuk produk yang Anda cari. Seperti kolom terkait dan harga untuk menentukan kisaran harga dari kompetitor saat Anda akan menjual produk berupa gamis.

Bahkan Anda bisa melakukan riset lebih lanjut sesuai kebutuhan untuk memahami produk gamis yang akan dijual secara lengkap. Melalui riset produk singkat inilah, Anda bisa memperkirakan bahwa produk tersebut bisa laris di pasaran dan sudah bisa memperkirakan target pasarnya siapa saja.

3. Menggunakan Aplikasi Google Keyword Planner

Melakukan riset produk dan target pasar untuk memulai bisnis online shop baju juga bisa menggunakan aplikasi Google Keyword Planner.

Aplikasi ini bisa memberikan informasi secara lengkap terkait ide keyword yang dicari pengguna Google, jumlah volume keyword tertentu, dan estimasi performa keyword sebagai pertimbangan untuk menggunakan produk tersebut.

Misalnya, Anda mengetikan keyword “gamis”. Hasil pencarian Google Planner menunjukan data seperti di bawah ini.

Untuk keyword “Gamis” dicari di Google sebanyak 20 ribu- 100 ribu kali dalam sebulan. Anda juga bisa melihat informasi terkait lainnya seperti gamis syari remaja, gamis cantik, gamis busui, dan lain-lain.

Dari hasil riset di Google Planner itu, Anda bisa menentukan. Apakah Anda akan menggunakan gamis syari untuk remaja atau gamis syari cantik untuk dijadikan sebagai keyword utama Anda berjualan baju online.

Agar hasil pencarian keyword “gamis Fitur untuk riset produk dan target pasar sebelum mulai berjualan online

Sebelum membahas lebih jauh cara melakukannya, ada baiknya Anda memahami mengapa hal ini harus Anda lakukan sebelum memulai bisnis toko pakaian online.

Melakukan riset produk dan target pasar sebelum memulai bisnis dapat membantu Anda memahami medan pertempuran perusahaan dan pelanggan potensial, sehingga produk dapat laris manis di pasar.

Dengan mencari informasi sebanyak mungkin tentang apa yang ingin Anda jual, termasuk produk, harga, kualitas, dan persaingan, akan memudahkan Anda mendapatkan pangsa pasar yang tepat saat menjalankan bisnis.

Riset produk dan target pasar ini juga dirancang untuk memudahkan Anda memahami apa yang akan Anda jual dan membantu menemukan cara terbaik untuk memasarkan produk Anda sebagai langkah pengembangan bisnis.

Jadi, bagaimana Anda melakukan riset produk? Berikut langkah-langkahnya.

4 Cara Mudah Melakukan Riset Produk dan Menargetkan Pasar Saat Memulai Bisnis Online

1. Gunakan aplikasi Google Trends

Cara pertama untuk melakukan riset produk adalah dengan menggunakan aplikasi Google Trends. Aplikasi ini membantu Anda mengidentifikasi jenis produk pakaian yang dapat Anda jual. Anda juga bisa mengetahui seberapa sering masyarakat mencari topik kaos.

Aplikasi ini sangat akurat untuk riset produk karena dilengkapi dengan fitur lengkap yang dapat digunakan sebagai data. Dari sini Anda bisa mengetahui di mana kebanyakan orang mencari produk pakaian, rentang waktu pencarian produk, kategori pakaian, usia, dan jenis pencarian.

Hal ini kemudian dapat dijadikan tolak ukur untuk menentukan target pasar dan strategi promosi yang tepat. Bahkan, Anda bisa melihat popularitas produk ini setiap saat.

Metode risetnya sederhana, Anda hanya perlu membuka aplikasi Google Trends. Kemudian, ketikkan kata kunci yang ingin Anda ketahui di kolom pencarian. Berikut tampilan Google Trend.

2. Melakukan riset terhadap booth pesaing

Langkah mudah selanjutnya adalah melakukan riset melalui media sosial atau booth langsung milik kompetitor Anda. Ini dirancang untuk melihat produk yang sedang populer dan banyak dibeli. Dengan cara ini kita dapat memahami seberapa populer kata kunci tersebut muncul serta produk terlaris dan arah tren pasar di masa depan.

Misalnya, Anda memasukkan kata kunci "gamis". Di sana Anda akan menemukan bidang pencarian produk terbaru dan terlaris tempat kami memeriksa pesaing potensial kami. Ternyata produk terbaru yang dijual disana adalah merk Jilbrave, Abaya Tukey, dll.

Anda juga dapat menemukan kategori lain dari produk yang Anda cari. Seperti kolom dan harga yang relevan, saat Anda akan menjual produk berupa baju tidur, tentukan kisaran harga kompetitor.

Anda bahkan bisa melakukan riset lebih lanjut jika diperlukan untuk memahami sepenuhnya produk gamis yang akan Anda jual. Dengan riset produk singkat ini, Anda bisa memperkirakan produk tersebut akan laris manis di pasaran, dan Anda sudah bisa memprediksi siapa target pasarnya.

3. Gunakan Aplikasi Perencana Kata Kunci Google

Melakukan riset produk dan penargetan untuk memulai bisnis toko pakaian online juga bisa menggunakan aplikasi Google Keyword Planner.

Aplikasi ini dapat memberikan informasi lengkap tentang ide kata kunci yang dicari pengguna Google, volume kata kunci tertentu, dan perkiraan kinerja kata kunci sebagai pertimbangan untuk menggunakan produk tersebut.

Misalnya, Anda memasukkan kata kunci "gamis". Hasil penelusuran Google Planner menampilkan data berikut.

Kata kunci "Gamis" dicari di Google antara 20.000 hingga 100.000 kali per bulan. Anda juga dapat melihat informasi terkait lainnya seperti jubah sari untuk anak perempuan, jubah kecantikan, jubah hidrasi, dll.

Dari hasil riset di Google Planner, bisa dipastikan. Apakah anda akan menggunakan gamis syari remaja atau gamis syari cantik sebagai kata kunci utama jualan baju online.

Hal ini membuat hasil pencarian kata kunci "gamis" menjadi lebih spesifik. Anda dapat memfilter kata kunci menggunakan fitur Saring Kata Kunci. Anda juga dapat mencari merek, jenis kelamin, dan data lainnya di sana.” lebih spesifik. Anda bisa menyaring keyword dengan fitur Refine Keyword. Anda juga bisa memunculkan pencarian merk, jenis kelamin dan data lainnnya disana.

4. Periksa Ulasan Pesaing untuk Produk Serupa


Hal lain yang dapat Anda lakukan saat meneliti produk dan target pasar Anda adalah melihat apa yang dikatakan pesaing Anda tentang produk serupa. Biasanya, konsumen meninjau produk yang laris manis dan sedang populer.

Anda bisa menggunakan review konsumen kompetitor untuk mengetahui kualitas bahan yang digunakan, penjahitan pakaian, kemasan produk, dan gratisan pembeli. Dengan testimonial ini, Anda dapat meniru atau memodifikasi taktik promosi pesaing Anda untuk diterapkan pada bisnis Anda.

Langkah riset produk dengan menggunakan ulasan dapat membantu menemukan kelebihan dan kekurangan dari produk yang Anda jual. Saat Anda memulai bisnis dengan menciptakan produk sejenis, Anda nantinya bisa menyusun strategi bagaimana menciptakan produk yang lebih baik dari pesaing Anda.

Tidak hanya itu, bagi Anda yang akan menjadi reseller baju online, langkah ini sangat tepat untuk menentukan apakah produk tersebut layak untuk dijual.

Saran terbaik untuk mengecek review produk pesaing adalah dengan melakukannya di berbagai platform seperti Youtube, Marketplace, media sosial Instagram, blog untuk memandu konsumen yang telah menggunakan produk tersebut.

Dengan 4 langkah di atas, Anda dapat menentukan produk pakaian yang akan dijual secara online tanpa ragu, karena Anda sudah memiliki data yang cukup untuk membuat strategi penjualan. Bahkan, Anda sudah bisa mengidentifikasi tempat menjual produk tersebut secara besar-besaran.

Anda juga bisa mendalami riset pasar lebih lengkap dan mendalam dengan membaca brief khusus SendinAja.

Rangkuman riset pasar yang lebih detail dan lengkap ini akan membantu Anda memahami pola dan karakteristik konsumen dari berbagai produk yang dijual secara online. Yang harus Anda lakukan adalah mengklik tautan, membaca, dan berkolaborasi pada produk Anda.

Untuk memudahkan berbisnis, terutama dalam hal pengiriman barang, gunakan aplikasi SendinAja sebagai partner bisnis Anda.

Related searches
  • contoh 4p produk pakaian
  • strategi pemasaran pakaian
  • strategi pemasaran produk pdf
  • strategi pemasaran pdf
  • strategi pemasaran 4p dan contohnya
  • contoh strategi pemasaran 4p produk makanan
  • strategi pemasaran online
  • contoh analisis pemasaran