Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pemasaran Online Menurut Para Ahli

Pemasaran Online Menurut Para Ahli. Pemasaran online sangat penting untuk filosofi pemasaran saat ini. Memilih saluran pemasaran yang tepat tidaklah mudah bagi banyak bisnis. Hal ini dikarenakan pemasaran akan memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan usaha. Oleh karena itu, harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Di dunia era digital saat ini dimana internet menjadi pusat aktivitas banyak orang, internet marketing dianggap sebagai cara yang paling efektif.
manfaat pemasaran online jenis-jenis pemasaran online teori pemasaran contoh e marketing kelemahan pemasaran online teori pemasaran digital e marketing ppt kelebihan promosi secara online

Pemasaran online dianggap paling baik memperluas sayap pemasaran bisnis dengan biaya jauh lebih rendah daripada offline. Sebelum Anda dapat menyetujui keefektifan pemasaran online dan menerapkannya, Anda harus terlebih dahulu memahami definisi dan konsep ini.

Apa itu Pemasaran Online?

Pemasaran online adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan internet. Buat kampanye pemasaran yang menarik perhatian konsumen dengan memanfaatkan media sosial, situs web, email, dan bahkan augmented reality. Ini dapat dicapai melalui iklan berbayar, konten premium, atau distribusi sederhana melalui media online.

Definisi atau Pengertian Pemasran Online Menurut Para Ahli

1. Pemasaran Online Menurut Marwan (1991:15)

Menurut Marwan (1991:15) definisi pemasaran online, pemasaran online adalah upaya merencanakan strategi penjualan. Upaya tersebut telah menghasilkan strategi yang memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen untuk menghasilkan keuntungan penjualan. Oleh karena itu, prinsipnya hampir sama dengan strategi penjualan pada umumnya. Namun dalam pemasaran online, kepuasan pelanggan lebih diperhatikan, karena konsumen hanya dapat memahami produk melalui gambar.

2. Pemasaran Online Menurut Kotler (2002:34)

Kotler (2002:34) juga mengemukakan pandangan ahli lain tentang pengertian pemasaran online. Dijelaskan bahwa pemasaran online adalah proses sosial dan manajerial untuk individu dan kelompok. Proses ini mengatur bagaimana individu dan kelompok tersebut memperoleh kebutuhan dan keinginannya dengan cara membuat, menyediakan, dan membeli serta menjual. Pada prinsipnya internet marketing hampir sama dengan pemasaran pada umumnya, hanya berbeda pada media pemasarannya.

3. Pemasaran Online Menurut Boone dan Kurtz (2005)

Menurut Boone dan Kurtz (2005), pemasaran online merupakan bagian integral dari e-commerce. E-commerce adalah sistem jual beli online. Pemasaran online sebagai bagian integral dari e-commerce, yaitu sebagai strategi produksi, distribusi, penetapan harga, dan promosi melalui media digital. Dapat dipahami bahwa media digital digunakan dalam berbagai proses pemasaran dari suatu produk atau jasa hingga ke tangan pembeli.

4. Pendapat Tentang Pemasaran Online dari Amstrong dan Kottler (2004:74)

Amstrong dan Kottler memiliki pendapat yang hampir sama dengan Boone dan Kurtz terkait dengan pemasaran online. Mereka menyatakan bahwa pemasaran online merupakan bagian dari e-commerce. Dari pendapat tersebut Amstrong dan Kottler (2004:74) juga menambahkan bahwa pemasaran online merupakan sebuah bentuk kinerja perusahaan. Dimana kinerja perusahaan tersebut berupa promosi, penjualan barang atau jasa, serta mengkomunikasikannya melalui internet.

5. Pengertian Pemasaran Online Oleh Chaffey (2000)

Chaffey (2000) menyatakan pendapatnya bahwa pemasaran online adalah pendukung sebuah konsep pemasaran modern. Konsep tersebut berupa segala macam bentuk promosi dan penjualan produk atau jasa melalui internet. Pemanfaatan internet menjadi andalan dalam melakukan pemasaran online melalui media sosial, jasa pengiklanan, toko online, dan masih banyak lagi. Jadi pada intinya pemasaran online adalah usaha yang dilakukan untuk mempromosikan produk atau jasa dengan menggunakan internet.

6. Pengertian Pemasaran Online Oleh Strauss dan Frost (2001)

Strauss dan Frost (2001) mengemukakan pendapatnya tentang pemasaran online. Mereka berpendapat bahwa pemasaran online adalah penggunaan data dan aplikasi untuk merencanakan pelaksanaan konsep distribusi, promosi serta penetapan harga. Konsep tersebut bertujuan untuk menciptakan jual beli atau pertukaran dengan nilai kepuasan tersendiri bagi individu maupun organisasi. Jadi pada pendapat Strauss dan Frost ini pemasaran online lebih kepada penggunaan aplikasi elektronik dalam perencanaan konsep pemasaran online.

7. Pendapat Philip dan Duncan Tentang Pengertian Pemasaran Online

Pengertian pemasaran online menurut para ahli yang ketujuh adalah oleh Philip dan Duncan. Mereka berpendapat bahwa pemasaran online adalah langkah-langkah atau usaha yang dilakukan untuk mengatur barang yang akan dilakukan proses jual beli. Langkah tersebut tentu saja dengan upaya penggunaan media internet sebagai media promosi produk atau jasa hingga ke tangan konsumen.

Related searches
  • manfaat pemasaran online
  • jenis-jenis pemasaran online
  • teori pemasaran
  • contoh e marketing
  • kelemahan pemasaran online
  • teori pemasaran digital
  • e marketing ppt
  • kelebihan promosi secara online