Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Kenapa Harus Tes Stifin? Apa Manfaatnya

Kenapa Harus Tes Stifin?

Anak adalah anugerah yang titipkan Allah, buat kita orangtua. Anak aset orangtua dunia dan akhirat. Kita percaya setiap anak Allah beri kelebihan dengan berbagai macam bakat dan potensinya. Maka orangtua harus menjadi pendamping anak menuju gerbang kesuksesan bukan menjadi hambatan bagi kesuksesan mereka.

Saya yakin orantua tidak mau anak frustasi karena orangtua salah memilih pola belajar anak. Lebih spesifik kita telah merampas cita-cita dan masadepannya. Contoh sederhana anak punya potensi menjadi pemimpin, menjadi pengusaha sukses, malah kita memaksa anak harus jadi dokter atau guru. Sebaliknya potensinya sebenarnya jadi dokter malah kita paksa jadi pengusaha. Tentu ini sangat merugikan.

Belum lagi ada anak yang terpaksa menghafal, seperti menghafal Alquran. Padahal dia punya gaya menghafal tersendiri. Contohnya ada anaknya punya gaya menghafal dengan bantuan visual, ada anak harus menghafal dengan banyak pujian dan hadiah, ada anak butuh tempat sunyi ada anak menghafal dengan teriakan, ada anak yang cukup dengan mendengar. Guru dan orangtua harus mendeteksi sejak dini. Supaya hafalan qurannya meningkat.

Saya kira dengar hadirnya tes stifin sangat membantu orangtua dan guru mendeteksi sejak dini. Lewat tes sidik jari iwni kemana potensi anak sebenarnya. Dengan tes stifin juga sangat  membantu orangtua tidak salah mengenal potensi anak sejak dini, demi masa depan mereka.

Nah apa itu Tes STIFIn?

Secara umum, Tes STIFIn adalah suatu konsep ilmu yang mempelajari manusia pada sistem struktur pada bagian otaknya. STIFIn akan membagikan kedalam lima bagian, yakni Sensing, Thinking, Intuiting, Feeling, dan Insting.

Cara kerja STIFIn dengan cara tes sidik jari hanya waktu lebih kurang  2-5 menitan. Dengan Tes STIFIn akan menguraikan cara kerja otak manusia  dengan sistem operasi mengenai jenis-jenis watak atau kepribadian seseorang. Dimana masing-masing jenis kepribadian, potensi, bakat dan kecerdasan setiap manusia berbeda-beda.

MENGAPA ORANGTUA PERLU TES STIFIn buat  anak?

1. Menghindari INVESTASI TERBUANG, akibat tidak mengetahui potensi anak sejak dini.

2. Menemukan BLUE PRINT diri & panggilan jiwa, sehingga tepat dalam menentukan pendidikan dan profesi anak kedepan. Sehingga orangtua tau anak akan disekolah kemana termasuk kuliah dimana.

3. Mudah Mempersiapkan profesi sejak dini dan mencapai keberhasilan dengan cara yang menyenangkan.

4. Mengenali cara belajar, bergaul, berkarir, dan mengembangkan diri secara efektif.

Menurut saya  tes stifin sangat berguna di jaman ini terutama bagi siswa, orangtua dan guru. KENAPA?  

Siswa, orangtua, dan guru akan mengenali dirinya, menetapkan cita-cita yang sesuai buat anak, dan mengenali cara belajar yang terbaik untuknya. 

Orangtua tidak salah mengeluarkan investasi rupiah untuk masa depan anaknya, mudah mengarahkan dan memotivasi anak dalam keseharian, dan tahu apa program terbaik untuk anaknya. 

Sekolah dan guru akan lebih memahami anak-didiknya terutama dalam. mempersonalisasi pola pengajaran disesuaikan dengan ragam kecerdasan anak-didiknya, lebih mudah dalam menerapkan disiplin sekolah, dan mudah membantu penyaluran bakat anak-didiknya melalui kokurikuler.

Guru SDIT Muhammadiyah Bireuen hari ini saya wajibkan tes stifin duluan, setelah itu baru siswa dan orangtua. Supaya saya sebagai kepala sekolah tau karakter guru sehingga tidak salah cara komukasi selama ini. 

Semoga akan banyak lagi siswa yang akan tes stifin, sehingga guru dan orangtua bisa memastikan pola  dan gaya belajar cocok buat anak. Bukan hanya asal cocok buat guru, apalagi asal cocok buat orangtua.

Semoga anak kita menjadi anak shaleh

Rizki Dasilva
Direktur SIT Muhammadiyah Bireuen

Baca Juga : 
  1. Apa yang Salah Dengan Muhammadiyah?
  2. Download Surat Pernyataan Dukungan dari Ketua Yayasan Untuk Calon Kepala Sekolah Penggerak Doc
  3. Download Surat Pernyataan Dukungan Kepala Dinas Pendidikan Kepada Calon Kepala Sekolah Penggerak
  4. Download Surat Pernyataan Dukungan dari Kepala Sekolah Untuk Calon Program Guru Penggerak 
  5. DOWNLOAD Surat Ederan Dirjen GTK Kemendikbudristek Nomor 0305/B2/GT.00.04/2022 Tentang Perubahan Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Administrasi dan Tabel Linieritas PPG Dalam Jabatan Tahun 2022
  6. Contoh Modul Ajar Sekolah Penggerak SD Kelas 1 Mata Pelajaran Matematika Materi Bilangan
  7. Download Surat Edaran Dirjen GTK, Kemendikbudristek Nomor 0248/B2/GT.00.03/2022 tentang Pendaftaran dan Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022
  8. Contoh Asesment Formatif Kurikulum Sekolah Penggerak 
  9. Berikut Syarat Menjadi Kepala Sekolah Penggerak Angkatan 3 Tahun 2022, Segera Daftar!
  10. Syarat dan Cara Mendaftar PPG Tahun 2022 Lewat SimPKB Kemdikbud 
  11. Berapa Gaji Guru Penggerak Angkatan ke 6 Tahun 2022, Begini Penjelasan Kemendikbud
  12. Syarat dan Cara Daftar PPG Kemenag 2022, Guru Madrasah dan Agama Segera Daftar
  13. Islamisasi Kurikulum Adalah Solusi Kebangkitan Islam, SDIT Muhammadiyah Memberi Solusi
  14. SDIT, SMPIT dan SMAIT Muhammadiyah Kini Menjadi Sekolah Favorite Bagi Masyarakat Bireuen
  15. SDIT Muhammadiyah Bireuen Superteam, Bukan Superboy
  16. Kepala P4TK dan PLB Terharu SD IT Muhammadiyah Bireuen Terasa Taman Surga Buat Siswa Disabilitas