Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Islamisasi Kurikulum Adalah Solusi Kebangkitan Islam, SDIT Muhammadiyah Memberi Solusi

Islamisasi Kurikulum Adalah Solusi Kebangkitan Islam, SDIT Muhammadiyah Memberi Solusi


Islamisasi Kurikulum Adalah Solusi Kebangkitan Islam

Dalam membangun pendidikan hal yang paling penting diperhatikan adalah kurikulum, karena Pendidikan dan kurikulum adalah satu kaitan erat yang tidak dapat dipisahkan.
Kurikulum adalah sebuah jalan menuju kepada tujuan, tujuan setiap satuan pendidikan memliliki tujuan masing-masing.

Supaya mudah dipahami pengertian kurikulum adalah bangunan atau konsep, sebuah verbalisasi dari ide yang sangat kompleks atau serangkaian ide. 

Bagi saya, guru harus paham mampu memahami konsep dan sistem kurikulum yang sebenarnya. terutama dimana ia tempat mengajar. Karena kurikulum merupakan otaknya pendidikan dan mempunyai pengaruh kepada seluruh kegiatan pendidikan dan setiap PBM yang dilakukan.

Dulu dimualai dengan Kurikulum K13 sekarang lahir lagi kurikulum masa pandemi nama kurikulum prototipe yang di terapkan di Indonesia masa mas mentri Nadiem Makarim

Sesungguhnya sudah memuat nilai-nilai emosional dan spritual. Atau sekarang diberi nama Profil Pelajar Pancasila. Tapi belum cukup untuk melawan ancaman sistem sekelurisme, dan liberalisme. 

Menurut saya langkah yang wajib dilakukan oleh sekolah-sekolah Islam di Indonesia adalah dengan Islamisasi kurikulum akan mampu menemukan harapan kebangkitan ummat Islam di jaman ini dan masa akan datang. 

Maka setiap siswa akan mengerti bahwa sumber ilmu pengetahuan sesungguhnya adalah Al-Quran dan Sunnah. Maka pengelola pendidikan dan guru mampu menyatukan secara integral antara Pengetahuan, sosial dan spritual atas dasar semangat pendidikan Islam dan berfungsi sebagai satu bagian terpadu dalam ideologi.

Tahun ini saya dan team kurikulum atau komite pembelajaran di SDIT Muhammadiyah Bireuen sedang menyusun kurikulum Sekolah Penggerak yang mampu mengintegrasikan nilai-nilai Islam dan kurikulum. Mampu memuat nilai-nilai Al-Quran, nilai-nilai sunnah, Nilai akhlak dan adab dan sejarah kejayaan beradaban Islam masa lalu. Mohon do'a nya.

Ancaman sekularisme dan liberalisme pendidikan harus dilawan secara tuntas. Saya dengan guru-guru di SDIT Muhammadiyah Bireuen sudah berkomitmen dengan gagasan Islamisasi pendidikan menuju Islamisasi kurikulum. 

Tentu kita yakin tidak ada lagi dikotomi antara pendidikan agama dan pendidikan umum. Yang ada hanya satu semua pelajaran dan ilmu pengetahuan adalah pelajaran Islam.

Saya memberi contoh sederhana, dalam mata pelajaran PPKN misalnya ada pembahasan tentang kerukunan. Kompetisi dasarnya menjelaskan perbedaan jenis kelamin agama dan suku bangsa. Lalu bisa memberikan contoh hidup rukun di lingkungan, dirumah dan disekolah. Kita harus menambah dalam susunan kurikulum firman Allah dalam Al-quran Surat Al-Hujurat ayat 13 "Hai manusia, sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku, supaya kamu saling mengenal". 

Kita bisa menambah dalam susunan kurikulum cerita sikap toleransi yang dicontoh oleh Nabi Muhammad SAW dalam penaklukan kota Mekkah. Tercatat dalam sejarah penaklukan sebuah kota yang sangat damai dan indah tanpa kekerasan dan keluar setetes darahpun. Dan hebatnya rasul tidak memaksa penduduk Mekkah non muslim memeluk Islam. Beda hal dengan penaklukan Islam di Spanyol, Ummat islam disuruh pilih tiga hal, masuk agama nasrani, dibunuh dan yang terakhir di usir dari negerinya sendiri. Maka siswa bangga berIslam.

Begitu juga pelajaran lain, seperti IPA (Ilmu pengetahuan Alam) saat ada pembahasan tentang mengenal bagian-bagian tubuh manusia dan mengidentifikasi kebutuhan tubuh manusia agar tumbuh sehat dan kuat. Maka kita bisa menambah bagaimana firman Allah dalam surat At-Tin ayat 4. "Sesungguhnya Kami ciptakan manusia dalam wujud yang sempurna ". 

Dalam sunnah Nabi, banyak hadis menganjurkan gunting kuku dan bersiwak. Salah satunya hadis sahih riwayat bukhari, rasul bersabda "Seandainya tidak memberatkan ummatku, aku akan memerintahkan mereka untuk membersihkan gigi dengan bersiwak setiap akan shalat". Guru juga bisa menceritakan riwayat lain bahwa tubuh manusia ada 3 ruang untuk tiga benda (sepertiga untuk udara, sepertiga untuk air dan sepertiga lainnya untuk makanan) bahkan hebatnya Islam, Allah menganjurkan ibadah puasa untuk penyeimbang kesehatan.

Saya mencoba memberi satu contoh lagi untuk pelajaran matematika. Saat pembahasan tentang mengenal bilangan 1-10 untuk kelas 1 sekolah dasar. Maka kita harus mampu memuat dalam susunan kurikulum tentang mengenal bilangan dalam bahasa Arab. 

Dan guru harus mampu menceritakan profil penemu bilangan nol adalah seorang matematikawan filosof muslim. Beliau adalah seorang ulama yang bernama Al-khawarizmi. Begitu juga bila ada pembahasan ruang kubus, maka siswa harus tau ka'bah adalah salah satu bangun ruang yang berbentuk kubus. Dan mengenal lagi sejarah pembangunan ka'bah lebih mendalam.

Salah satu impian saya bisa menyusun kurikulum yang baku yang mampu mengislamisasikan kurikulum K13 menjadi sebuah karakter dan identitas sebagai pandangan hidup. Dan tentu mampu mengislamisasikan semua pengetahuan (Islamized knowledge). Terakhir Saya mengutip kalimat tokoh Islam Isma’il Raji Al- Faruqi untuk menyimpulkan bahwa hanya dengan Islamisasilah kegagalan-kegagalan pendidikan Islam dapat di tangani, "There can be no hope of agenuine revival of the ummah unless the educational system is revamped and its faults corrected. Indeed is for the system tobe formed anew. The present dualism in muslim education, its bifurcation into an Islamic and a scular system must be removed and abolished once and for all. The two system must be united and integrated. The emergent system must be in fuse with the spirit of Islam and function as an integral part of its ideological program".

"Tidak ada harapan kebangkitan sejati umat kecuali sistem pendidikan diubah dan kesalahannya diperbaiki. Memang untuk sistem yang akan dibentuk lagi. Dualisme saat ini dalam pendidikan muslim, percabangannya menjadi sistem Islam dan sistem skuler harus dihapus dan dihapuskan untuk selamanya. Kedua sistem tersebut harus bersatu dan terintegrasi. Sistem yang muncul harus menyatu dengan semangat Islam dan berfungsi sebagai bagian integral dari program ideologisnya".

Baca Juga : 
  1. Apa yang Salah Dengan Muhammadiyah?
  2. Download Surat Pernyataan Dukungan dari Ketua Yayasan Untuk Calon Kepala Sekolah Penggerak Doc
  3. Download Surat Pernyataan Dukungan Kepala Dinas Pendidikan Kepada Calon Kepala Sekolah Penggerak
  4. Download Surat Pernyataan Dukungan dari Kepala Sekolah Untuk Calon Program Guru Penggerak 
  5. DOWNLOAD Surat Ederan Dirjen GTK Kemendikbudristek Nomor 0305/B2/GT.00.04/2022 Tentang Perubahan Jadwal Pendaftaran dan Seleksi Administrasi dan Tabel Linieritas PPG Dalam Jabatan Tahun 2022
  6. Contoh Modul Ajar Sekolah Penggerak SD Kelas 1 Mata Pelajaran Matematika Materi Bilangan
  7. Download Surat Edaran Dirjen GTK, Kemendikbudristek Nomor 0248/B2/GT.00.03/2022 tentang Pendaftaran dan Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022
  8. Contoh Asesment Formatif Kurikulum Sekolah Penggerak 
  9. Berikut Syarat Menjadi Kepala Sekolah Penggerak Angkatan 3 Tahun 2022, Segera Daftar!
  10. Syarat dan Cara Mendaftar PPG Tahun 2022 Lewat SimPKB Kemdikbud 
  11. Berapa Gaji Guru Penggerak Angkatan ke 6 Tahun 2022, Begini Penjelasan Kemendikbud
  12. Syarat dan Cara Daftar PPG Kemenag 2022, Guru Madrasah dan Agama Segera Daftar
  13. Islamisasi Kurikulum Adalah Solusi Kebangkitan Islam, SDIT Muhammadiyah Memberi Solusi
  14. SDIT, SMPIT dan SMAIT Muhammadiyah Kini Menjadi Sekolah Favorite Bagi Masyarakat Bireuen
  15. SDIT Muhammadiyah Bireuen Superteam, Bukan Superboy
  16. Kepala P4TK dan PLB Terharu SD IT Muhammadiyah Bireuen Terasa Taman Surga Buat Siswa Disabilitas